7 Profesi Inti Di Industri Pasar Modal

Salah satu pilihan pekerjaan yang paling sering dimiliki mahasiswa jurusan manajemen keuangan yang baru lulus adalah bekerja di industri Pasar Modal. Namun apa bekerja di industri pasar modal artinya bekerja di Bursa Efek? Bukan! Ibarat pasar tradisional, Bursa Efek Indonesia adalah PD. Pasar Jaya yang mengelola keberlangsungan pasar tersebut. Lalu di perusahaan apa mahasiswa ini bisa memulai karirnya? Simak daftar pilihan karir yang bisa kamu tekuni berikut.

 

Sell Side

Inti dari bisnis di sell side adalah menjual efek yang baru diterbitkan atau yang sudah melantai di bursa kepada publik. Mereka biasanya dapat profit dari fee transaksi atau penerbitan. Perusahaan yang melakukan bisnis ini biasanya disebut perusahaan sekuritas.

Investment Banker

What they do: Investment Banker membantu perusahaan yang ingin mendapatkan dana baru dengan melakukan penjualan saham atau surat utangnya ke publik.

Perusahaan selalu dituntut untuk bertumbuh. Caranya bermacam-macam, misalkan dengan membukan cabang di daerah lain, mengembangkan produk baru, menambah kapasitas produksi, dll. Tentunya dibutuhkan dana segar untuk melaksanakan hal tersebut. Dana tersebut bisa didapatkan dari penjualan surat utang ataupun saham perusahaan tersebut kepada publik.

Pada tahap inilah Investment Banker melakukan perannya. Mereka mengkreasikan efek yang dibutuhkan tersebut, menjamin penjualannya, dan menjualnya kepada publik. Hal-hal yang menjadi pekerjaannya antara lain adalah valuasi, presentasi, dan mengurus prosedurnya secara hukum.

Stockbroker

What they do: Stockbroker adalah perantara jual/beli efek di pasar modal.

Institusi atau retail tidak bisa bertransaksi langsung untuk menjual atau beli efek yang ada di pasar modal, harus melalui perantara. Stockbroker adalah seorang middleman antara investor yang ingin menjual saham dengan investor yang ingin membeli saham. Dia yang akan mempertemukan keduanya. Dia akan melakukan eksekusi jual/beli sesuai dengan permintaan dari nasabahnya (bisa individual atau institusional).

Selain melakukan eksekusi jual/beli, Stockbroker juga biasanya memberikan rekomendasi dan pandangan terhadap pasar untuk menggenjot kuantitas transaksinya. Karena biasanya kompensasi terbesar dari seorang Stockbroker adalah dari persenan fee yang dia kutip ketika melakukan transaksi untuk nasabahnya.

 

Buy Side

Inti dari bisnis di buy side adalah membantu mengelola sejumlah aset dari para nasabahnya untuk memberikan return di kemudian hari. Mereka mendulang profit dari berbagai sumber. Biasanya ada biaya tetap yang dinamakan management fee.

Venture Capitalist

What they do: Venture Capitalist mengucurkan dana investasi untuk perusahaan-perusahaan rintisan (startup).

Perusahaan rintisan memiliki visi besar untuk masa depan. Namun untuk mewujudkan visi tersebut dibutuhkan dana yang cukup besar. Yang menjadikan bank atau sumber pendanaan konvensional lainnya enggan membiayai perusahaan rintisan adalah karena mereka belum proven, belum ada rekam jejak pendapatannya, bahkan banyak pula yang masih pre-revenue (belum menghasilkan keuntungan).

Di tahap ini seorang Venture Capitalist melakukan peranannya. Dia berani mengambil resiko untuk menginvestasikan sejumlah uang dengan imbalan sekian persen dari saham perusahaan rintisan tersebut, dengan harapan di masa depan nilai perusahaan tersebut akan terapresiasi dan dia mendapatkan return yang setimpal. Perusahaan venture capital adalah yang memiliki jangka waktu investasi paling panjang diantara perusahaan aset manajemen lainnya.

Mutual Fund Investment Manager

What they do: Mutual Fund Investment Manager mengelola dana dari nasabahnya pada aset-aset konvensional (deposito, surat utang, saham, dll) untuk menghasilkan return.

Banyak orang yang ingin investasi tapi bingung melakukan pemilihan efeknya. Apa harus investasi di Telkom atau Astra, di Wijaya Karya atau Sampoerna? Mutual fund (reksadana) adalah jawaban atas masalah ini.

Manajer investasi di perusahaan reksadana akan melakukan pemilihan efek yang menurut dia akan memberikan return cukup menarik. Dia adalah pengelola aset para nasabahnya. Namun karena reksadana ditujukan untuk publik seluas-luasnya maka ada beberapa peraturan untuk memastikan keamanannya. Hal ini kadang menjadi hambatan untuk sang manajer investasi. Salah satunya adalah dia hanya bisa berinvestasi di aset konvensional dan hanya bisa melakukan transaksi long (membeli efek).

Hedge Fund Investment Manager

What they do: Hedge Fund Investment Manager mengelola dana dari nasabahnya di berbagai macam aset dan strategi investasi.

Beberapa individu kurang puas dengan return yang dihasilkan oleh reksadana, terlalu kecil dan konservatif. Mereka siap menanggung resiko lebih besar untuk mendapatkan return yang lebih.

Di sinilah peran Hedge Fund Investment Manager. Tugasnya sama yaitu melakukan alokasi atas aset nasabahnya, namun disini bedanya alokasi aset lebih fleksibel karena tidak ada peraturan-peraturan yang mengikat. Selain investasi di aset konvensional, Hedge Fund bisa berinvestasi di aset yang berbeda (seperti karya seni, properti, dll). Selain itu juga diperbolehkan melakukan short sell. Yang menjadi nasabah Hedge Fund biasanya high net worth individual yang sudah paham resikonya. Namun sepertinya di Indonesia belum ada Hedge Fund.

 

Others

Ini adalah profesi-profesi yang diluar dari sell atau buy side. Namun krusial dan tetap dibutuhkan di industri pasar modal.

Big Company Analyst

What they do: Membantu operasional sebuah perusahaan besar dalam mengelola keuangannya.

Aspek keuangan tentunya adalah salah satu hal paling krusial yang harus dikelola secara baik oleh tiap perusahaan, khususnya perusahaan yang sudah besar. Karena uang adalah sumber daya yang jika digunakan secara bijak dapat membawa perusahaan menjadi lebih baik. Peran Big Company Analyst adalah mengatur penggunaan dana dan sumber pendanaannya. Tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan nilai perusahaan tersebut.

Investor Relation

What they do: Membantu publik untuk mengetahui informasi yang dibutuhkan seputar perusahaannya (emiten).

Informasi adalah hal paling penting yang dapat menggerakan harga suatu efek. Untuk menjaga agar informasi ini dapat tersebar secara luas dan merata di publik maka Investor Relation harus bekerja dengan baik. Investor yang membutuhkan informasi dapat menghubunginya untuk data yang dibutuhkan. Mereka membantu investor untuk mendapatkan informasi yang tepat dan jelas atas perusahan yang diwakilkannya, sehingga investor dapat mengambil keputusan investasi yang tepat.

 

Tentu masih banyak profesi lain di dunia pasar modal yang belum saya sebutkan seperti Risk Management, Settlement, Equity Research, Pension Fund, dll. Namun menurut saya 7 profesi inilah yang menjadi core dari industri pasar modal di setiap sektornya. Ada profesi lain yang menurut teman-teman perlu diulas? Tolong beritahu ya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s