Menghadapi Kegagalan

w-gagal

Kelihaian menanggapi kegagalan butuh seni tersendiri. Kegagalan dalam hidup adalah suatu fakta. Satu-satunya cara menghindari kegagalan adalah dengan tidak mencoba, namun tanpa mencoba juga tidak akan ada hasil yang lebih baik. Alasan kenapa kita kecewa terhadap kegagalan adalah karena kita tidak pernah memperhitungkan kegagalan yang mungkin terjadi. Padahal ketika kamu mencoba hal baru, maka secara bersamaan akan timbul kemungkinan terjadinya kegagalan.

Visualisasi negatif, mencoba memikirkan hal terburuk apa yang mungkin terjadi bisa menjadi salah satu penangkal kekecewaan dan menghilangkan hal tak terduga.

Namun orang bijak menanggapi kesuksesan atau kegagalan sebagai waktu untuk mempraktekan sifat baiknya. Dalam kondisi buruk seperti dapat pekerjaan dengan teman kerja yang curang, ini saatnya berpegang teguh pada hal yang benar. Terjebak macet padahal sedang buru-buru, kita harus sadar bahwa banyak hal yang diluar kendali kita. Atau dalam kondisi baik seperti mendapat promosi jabatan dalam waktu singkat, hal itu tidak lebih sebagai kesempatan untuk mempraktikan kerendah hatian. Keadaan tersebut adalah kesempatan untuk melatih kita menjadi orang yang lebih baik.

The impediment to action advances action. What stands in the way becomes the way.

-Marcus Aurelius

Tentunya hal itu semua adalah idealnya, lebih mudah dikatakan daripada dipraktekan. Saya cuma menjelaskan kegagalan dalam pandangan stoicism, saya juga bukan orang yang bisa melakukan semua hal tersebut tiap saat. Namun disaat hidupmu sedang di bawah ada baiknya untuk bertanya kepada dirimu “Apa yang harus saya lakukan? Bagaimana cara memanfaatkan saat ini untuk diriku yang lebih baik kedepannya?”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s