5 Hal Yang Terjadi Di Pasar Keuangan Dunia Selama 2016

2016

2016 sudah ada diujung, banyak hal yang terjadi selama tahun berjalan. Hal penting apa saja yang terjadi di dunia keuangan selama 2016?

Apa yang terjadi?

  • Di Februari indeks saham di US dan Eropa ada pada titik terendahnya. Investor kehilangan kepercayaannya karena prediksi pertumbuhan ekonomi yang kurang baik, harga minyak yang sangat rendah, dan kemungkinan krisis keuangan di Tiongkok.
  • Pada Juni, Inggris memutuskan untuk keluar dari Uni Eropa. GBP melemah lebih dari 11%. Terjadi netsell di London Stock Exchange saat brexit terjadi.
  • Pada Agustus IHSG sentuh level tertinggi selama 16 bulan terakhir. Hal ini ditopang dengan PDB Indonesia yang positif dan sentimen amnesti pajak yang juga baik.
  • Pada November Donald Trump terpilih menjadi presiden Amerika Serikat. Pidato kemenangannya menekankan pada belanja pemerintah di bidang infrastruktur. Hal ini memberi pengaruh baik untuk Bursa Saham di Amerika Serikat, indeks S&P 500 ada di posisi all time high pada November. Dampak negatif terjadi di Indonesia karena investor asing banyak melakukan netsell, selama bulan November IHSG melemah 5,18%.
  • Pada Desember Fed menaikan target suku bunganya sebesar 25 basis point. Hal ini berani dilakukan karena ekonomi di Amerika Serikat bertumbuh dengan baik (sektor pekerjaan &  inflasi). Selain itu pada bulan ini harga minyak dunia juga membaik, sehingga IHSG sempat tertekan namun akhirnya membaik.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s