What is The Growth Hacking Buzz?

image

 

Apa sih growth hack? Apa ini cuma nama keren internet marketing? Ya dan tidak.

Ya growth hack itu emang fancy word dari internet marketingsih, kata ‘marketing’ punya konotasi yang jelek. Tapi ada sedikit bedanya,
cakupan internet marketing lebih luas dari growth hack. Kalau kata Sean Ellis fokus growth hacker cuma
1 yaitu Growth atau pertumbuhan
.

Growth hacker gak pusing-pusing mikir gimana caranya
branding, postioning, segmentasi, dll. Growth hack cenderung fokus kepada
hal-hal yang aplikatif. Yang dipikirkan cuma bagaimana bisa menumbuhkan
bisnisnya besar dan cepat dengan budget serendah-rendahnya. Hal apa yang bisa
dilakukan sekarang dan dengan budget yang ada yang kira-kira bakal membawa
bisnisnya bertumbuh.

Growth hacker harus orang yang data driven. Tracking semua
hal yang pernah dilakukan. Track CTR, traffic, dan metric-metric lainnya. Nah
dari data-data ini mereka ambil kesimpulan apakah hipotesisnya benar? Apakah
hal yang mereka sangka bakal menumbuhkan bisnisnya terbukti atau cuma
angan-angan.  Kalau terbukti benar, well
bagus ayo kita tambahkan budgetnya dan buat campaign masif. Kalau tidak
buru-buru cut budgetnya supaya tidak kehilangan lebih banyak cash.

Melakukan growth hack memang mirip melakukan eksperimen di
laboratorium.

Tapi growth hack juga ada kelemahannya. Media yang sudah
dieksploitasi cenderung tidak bisa dipakai lagi. Misal untuk akuisisinya
airbnb.com
menerapkan cross post ke craiglist.com. Ya itu  bekerja dengan baik untuk mereka selama
beberapa saat. Tapi kalau kamu coba manfaatkan craiglist.com sekarang, well itu
sudah tidak bisa.

Atau bukalapak.com yang coba memanfaatkan momentum trend
sepeda fixie
buat growthnya. Karena sekarang sepeda fixie sudah gak trend
mereka berganti fokus.

Ya teknik dari growth hack itu sendiri biasanya gak
sustainable. Gak bertahan lama dan kalau sudah digunakan dan ‘habis’ tidak bisa
di refill.

Yang perlu jadi fokusnya adalah mindsetnya sendiri adalah
mindsetnya. Selalu berpikir bagaimana cara menumbuhkan bisnis sebesar-besarnya
dengan budget sekecil-kecilnya. Bukan maksud pelit, tapi karena diawal memulai
bisnis cash is a king. Bisnis yang masih kecil gak bisa sesuka hati
bereksperimen dengan dana-dana besar.

Ya fokuslah pada mata saya mindsetnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s