Book Report: The Stranger by Albert Camus

image

Ini buku tentang ke tak acuhan, hal-hal aneh yang terjadi dalam kehidupan seseorang.

Mersault secara mendadak ditinggal mati ibunya, tanpa pikir panjang ia datang ke pemakamannya. Tapi tanpa alasan yang jelas, Mersault menolak untuk melihat jenazah ibunya untuk terakhir kali sebelum dikebumikan. Kenapa? Tidak ada yang tau.

Dan sehari setelah pemakaman ibunya mendadak pacarnya mengajak untuk menikah, dan Mersault menjawab ‘Ya’ kenapa tidak pikirnya. Bukankah harusnya Mersault masih dalam duka cita karena ditinggal ibunya? Hmm, sepertinya dia tidak memusingkan kepergian ibunya life must go on.

Kemudian Mersault dan pacarnya berjalan-jalan ke pantai, mengunjungi rumah temannya. Temannya itu sedang dikejar-kejar oleh orang ‘Arab’ karena masalahnya. Dan cuma karena kesal dan kepanasan Mersault menembakan 4 butir peluru ke salah satu pemuda Arab itu. Kenapa tidak kan? Membantu teman?

Ya Mersault tidak pernah memusingkan hal-hal dihidupnya, bagi dia hidup cuma sekumpulan hal aneh yang tidak ada artinya. Ini inti dari abusrdisme pandangan pengarangnya Albert Camus. Hidup tidak mempunyai makna, jadi kenapa pusing-pusing mencari makna dalam hidup?

Kebingungan akan menyertaimu disepanjang buku ini. Apa benar ada orang yang begitu tidak peduli? Albert Camus mengajak kamu memasuki alam absurdismenya, dan itu keren banget. Jumlah halaman yang cuma 100 lebih sedikit membuat buku ini makin wajib dibaca. I’m Stranger Killing An Arab.

Untuk The Stranger 4.5/5.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s