Simple Trick to Become ‘Pelit’

Nabung selalu jadi tantangan, walau jelas menunda kesenangan sekarang akan menghasilkan benefit di masa depan. Kita cenderung bias, kesenangan yang kita dapatkan sekarang terasa 10x lebih menarik ketimbang benefit di masa depan.

Selain itu uang itu abstrak. Apa itu Rp 10.000? Apa itu Rp 50.000? Apa itu Rp 100.000? Abstrak, tidak jelas, tidak bisa dipegang. Kamu lebih memilih sebuah roti isi daging atau uang Rp 5.000? Kebanyakan orang lebih memilih roti isi daging. Karena roti lebih jelas, ketika dapat bisa dimakan dan efeknya bakal membuat perut kenyang. Sedangkan Rp 5.000 hmm kamu jelas punya bayangan bagaimana uang Rp 5.000 itu, tapi benefit yang akan kamu dapatkan apa? Tidak jelas.

Itu salah satu sebab kenapa nabung itu sulit banget. Karena uang itu abstrak.

Kalau mau jadi lebih ‘pelit’ coba ini deh. Alih-alih memikirkan jumlah uang coba pikirkan barang. Maksudnya gimana? Ketika dihadapkan dengan pilihan seloyang pizza seharga Rp 50.000, kamu jangan memikirkan pizza vs Rp 50.000. Coba pikirkan pizza vs 3 buah komik atau pizza vs pulsa untuk sebulan. Pasti kamu bakal lebih mikir, bakal lebih mempertimbangkan matang-matang. Walaupun belum tentu juga pilihan kamu akan jatuh ke yang no.2.

Menurut gw cara berpikir seperti ini sih membantu banget. Mengontrol pengeluaran lebih hati-hati. Kalau kamu merasa boros, bisa dicoba hal kayak gini.

Salam Nabung.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s