Why Gamification will Rule the World

image

Gamification? Di sini memang belum terlalu familiar, tapi di luar hal ini sedang booming khususnya di dunia bisnis.

Mungkin kamu tidak tahu apa itu gamification, cuma saya yakin pasti kamu pernah sadar atau gak sadar menggunakannya. Pernah pakai foursquare, nike run, atau duolingo? Pernah iseng ngumpulin point dan badge di salah satu web itu?

Yes, gamification sederhananya adalah menggunakan elemen-elemen game ke dalam sesuatu yang non-game. Standarnya sih elemen-elemennya itu point, badge, dan leaderboard.

And this is why gamification will rule the world in the next 5-10 years:

1. Generasi X & Y masuk usia produktif
Yes, anak-anak yang lahir di tahun 1980-2000 sudah masuk usia produktif. Yang mana mereka dari kecil sudah familiar dengan yang namanya nintendo, playstation, dan PC. Game itu bagian hidupnya

2. BOREDOM!
Paradox of choices, semakin banyak pilihan semakin bingung kita menentukan pilihan. Dan entah kenapa makin banyak informasi yang tersedia, semakin bosan menelannya. Gamification obat mujarab mengatasi kebosanan, ingat-ingat waktu kecil kalo bosan di rumah apa yang kamu lakukan? Main!

3. Uang bukan segalanya
Kenyataannya reward menggunakan uang malah backfire, membuat motivasi turun. Gamification cara rewarding alternatif, reward tetap menjadi fun dan menantang.

Go Gamified.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s