Other Side of Rank and Yank

image

Sistem rank and yank, atau yang lebih dikenal dengan FRDS (Force Rank Distribution System). Sistem macam apa itu?

Begini contohnya, ada 10 pegawai di suatu perusahaan. Pada akhir tahun mereka dievaluasi manager. Dari 10 orang itu 2 orang dapat promosi, 6 orang dapat status ’just fine’, dan 2 orang disarankan untuk mencari pekerjaan di tempat lain (dipecat).

Banyak literatur yang menyatakan sistem ini tidak baik, tapi faktanya 60% dari perusahaan fortune 500 menggunakannya. Dan Jack Welch mengklaim ini adalah yang membuat General Electric bisa bertahan di fortune 500 selama lebih dari 80 tahun.

Berikut adalah beberapa argumen kenapa sistem rank and yank ini tidak efektif sekarang :

1. Mencegah Pengambilan Resiko
Di zaman informasi seperti sekarang, perusahaan yang selalu bermain aman bakal digilas kompetitornya yang lebih inofatif. Dengan sistem rank and yank, pegawai mengutamakan keselamatan kerjanya. Resiko=kesalahan, dan kesalah berarti ranking mereka anjlok.

2. Mencegah Kerja Sama
Teamwork adalah salah satu hal paling substantial dalam keberlangsungan perusahaan. Sistem ini membuat kecurigaan antara pegawai satu dengan lainnya. Kesalahan satu pegawai adalah kemenangan pegawai lainnya. Kerja sama tidak akan efektif.

3. Mencegah Penularan Ilmu
Ilmu para pegawai senior harusnya dapat ditransfer ke pegawai yang lebih junior. Ilmu yang seharusnya menjadi aset bersama dalam 1 perusahaan berubah menjadi aset yang harus dijaga ketat oleh para senior. Karena kalau ada pegawai yang lebih bodoh=posisinya aman.

Memang harus ada sistem untuk mengeliminir para ’deadwood’. Tapi rank and yank ini merusak company culture yang harmonis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s