Book Report: Candide by Voltaire

image

Ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Candide yang jatuh cinta kepada gadis yang cantik namun materialistis Cunegonde. Ayah Cunegonde yang bangsawan tidak setuju atas hubungan mereka dan menendang Candide keluar rumahnya. Candide bertualang keliling dan bertemu ketidak-beruntungan di sepanjang perjalanannya. Tetapi dia selalu ingat akan ajaran gurunya Panglos, bahwa semua terjadi karena alasan yang baik.

Candide yang pertama kali terbit tahun 1759 ini dikarang oleh François-Marie Arouet aka. Voltaire. Sebuah novel satir yang menyerang Optimisme, pandangan yang kala itu beredar luas. Voltaire ingin menyerang Leibniz atas optimismenya. Dalam novel ini Voltaire menggambarkan perjalan Candide yang selalu tertimpa musibah, dan dengan naifnya selalu ingat dan percaya pandangan gurunya Pangloss (gambaran Leibniz) yang menyatakan semua hal terjadi untuk alasan yang baik.

Optimisme digambarkan sebagai sebuah kenaifan dan kebodohan yang terus menerus dipegang oleh Candide. Padahal jelas kejadian-kejadian yang terjadi pada dirinya mengacak-acak kehidupannya tanpa kejelasan. Pada akhirnya Candide juga tidak mendapatkan hal terbaik, walaupun bisa dibilang dia baik-baik saja. Ini buku yang bernuansa gelap, penuh kebodohan dan kegagalan. Buku ini terasa pahit dan pedih.

Membaca buku ini memberikan gambaran filosofi pada masa itu, dimana optimisme dipegang banyak orang. Voltaire mencoba merombak pandangan ini, merubahnya dengan pandangan yang lebih realistis. Mencoba memberikan penilaian yang lebih objektif pada suatu kejadian. Terbukti pandangan Voltaire ini bisa dipertanggung-jawabkan. Pandangannya merupakan salah satu yang paling berpengaruh di masa Renaisance, pandangannya bahkan berpengaruh sampai saat ini.

Untuk Candide 3,5/5.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s