Against Low Expectations

image

Pada tahun 1968 ada sebuah studi tentang ekspektasi. Pada studi yang dilakukan di sekolah itu, para guru diberitahu bahwa beberapa siswa/i memiliki potensi akademik yang besar. Pada kenyataannya siswa/i itu dipilih secara acak tanpa dasar apapun. Setelah 8 bulan hal yang menarik terjadi, para siswa/i tersebut di tes dan secara mengagetkan hasil tesnya menunjukan peningkatan IQ yang besar dibanding dengan siswa/i lain di sekolah itu.

Ekspektasi hal yang sangat-sangat underrated. Kutukan low expectation banyak menjangkiti orang-orang, khususnya orang muda. Sejak sekolah, lingkungan sekitar tidak mengharapkan banyak hal pada kita. Hidup lurus dan akademis yang baik sudah cukup. That’s it, itu harapan orang tua dan masyarakat pada kita.

Padahal potensi orang muda jauh lebih besar dibandingkan hanya akademis yang baik. Banyak gerakan-gerakan luar biasa yang dimulai anak muda, banyak juga anak muda yang prestasinya sudah international. Ditambah kita sudah saling terkoneksi satu sama lain, jarak kita semua cuma terbatas 1 tweet. Tapi kenapa mayoritas anak muda tetap kurang memuaskan? Masih banyak yang belum sadar the giant withinnya.

Mungkin ini saatnya kita menaruh ekspektasi besar di diri kita masing-masing. Mencoba menaruh harapan pada potensi masing-masing. Mencoba melakukan hal-hal yang awalnya kita pikir sulit. Lalu lihat apa yang terjadi selanjutnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s