We Sell Sh*t Product

image

Pertama Taylor Swift, lalu Obama, dan baru-baru ini online retailer zappos.com yang kena makian Kanye West. Zappos dibilang menjual sh*t product seharga 100.000 usd.

Kanye memang terobsesi menjadi fashion desainer besar. Mungkin karena ini dia berusaha bashing zappos, online retailer yang terkenal dengan customer servicenya.

Yang membuat menarik adalah cara zappos membalasnya. Coba cek halaman ini. Zappos menanggapi celotehan Kanye West dengan gurauan. Mereka membuat halaman parodi di webnya sendiri yang menjual toilet seharga 100.000 usd, tetap dengan kebijakan returnya yang sangat mengentengkan pembeli.

Kelihatannya cara zappos membalas Kanye dengan bercanda ini berhasil. Bisa dicek di halaman komentarnya. Banyak pengunjung zappos yang memberikan komentar baik maupun miring dengan nada bercanda. Zappos just win the netizen heart.

Ya, salah satu cara menciptakan buzz adalah dengan tidak serius-serius amat. Kebanyakan bisnis menghasilkan barang yang membuat pelanggannya merasa lebih baik. Bukan persoalan hidup dan mati. Contohnya fashion business, yang sebenarnya dijual bukan pakaian tetapi pelanggan yang merasa menjadi menarik ketika memakai pakaian dari mereka.

Jika terlalu serius, lama-lama bisa menjadi bosan sendiri. Kalau begini bagaimana caranya untuk membuat orang lain menjadi senang?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s