Book Report : Animal Farm by George Orwell

Cerita dimulai dari cita-cita Old Major, sang babi tua yang mempunyai visi besar. Dia berpikir bahwa manusia hanya memanfaatkan para hewan di peternakan. Manusia tidak menghasilkan apa-apa, namun menikmati hasil paling banyak. Sampai pada suatu saat para hewan sampai di titik didihnya, dan menendang keluar Mr. Jones sang pemilik peternakan.

Kemudian peternakan diambil alih oleh hewan-hewan itu sendiri. Ada 2 babi yang menonjol sebagai pemimpin, Snowball dan Napoleon. Setelah berunding mereka menuliskan 7 sila, salah satunya berbunyi ‘Semua Hewan Sederajat’. Sedikit demi sedikit Snowball bisa mengambil hati para hewan, dan Napoleon menjadi cemburu. Napoleon terus semakin cemburu, hingga pada suatu saat dia memerintahkan anjing-anjing yatim piatu yang dirawatnya dari kecil untuk menendang keluar Snowball.

Ketimpangan mulai dari sini. Napoleon memerintahkan para hewan untuk membangun kincir angin. Sementara semua hewan bekerja keras, Napoleon dan babi lainnya bersantai-santai. Squeler babi pink juru bicara Napoleon selalu mempropagandakan ‘kebaikan’ Napoleon, dan para hewan yang tak terdidik percaya saja. Napoleon semakin serakah, akhirnya dia mencederai semangat perjuangannya dengan memulai perdagangan dengan manusia demi keuntungan pribadinya. Ujung cerita ini tidak berakhir manis, sila diplintir satu per satu, diubah menjadi ‘Semua Hewan Sederajat Tetapai Beberapa Hewan Lebih Sederajat Dari Yang Lain’. Napoleon terus begitu hingga para hewan tidak bisa membedakan mana babi mana manusia.

Cerita ini adalah alegori dari Uni Soviet. Old Major adalah pencetus ide itu, bisa disandingkan dengan Karl Marx dan Vladmir Lenin. Snowball adalah Leon Trotsky yang ditendang keluar dari negaranya. Napoleon adalah Joseph Stalin, sang diktaktor. Squeler adalah media propaganda Stalin yang memperdaya rakyat Soviet. Dan Mr. Jones adalah Tsar sebelum Soviet berdiri.

Satir politik ini menekankan bahwa ‘Absolute Power Corrupts Absolutely’. Pemimpin bisa memanipulasi rakyatnya agar berpikir semua ini untuk kebaikan bersama. Buku ini dilarang di beberapa negara, ini menunjukan seberapa pentingnya buku ini. Ini buku yang bisa membuat saya sedih melihat para ayam, kuda, dan keledai.

Kalau kamu tertarik dunia perpolitakan dan kenegaraan, ini buku wajib. Karena bakal menunjukan kepada kamu bagaimana para pemimpin memanipulasi. Bagaimana rakyat dibuat bodoh sehingga mudah percaya pada semua propaganda omong kosong. Dan bagaimana sebuah cita-cita mulia kebebasan individu diselewengkan dan dicederai oleh sekelompok elit yang berkuasa.

4 dari 5 bintang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s