A Brief History of Nelson Mandela

Nelson Mandela adalah seorang pejuang HAM dari Afrika Selatan. Dia memerangi apartheid yang waktu itu masih terjadi di negaranya, dimana orang berkulit hitam didiskriminasi. Dia pernah ditahan selama 27 tahun karena perjuangannya ini. Dia menghembuskan nafas terakhirnya hari ini (6/12/2013).

Mandela Muda
Nelson Mandela lahir pada 18 Juli 1918 di Mvezo, Afrika Selatan. Nama lahirnya adalah Rolihlahla, Nelson adalah nama panggilan yang dia dapatkan dari gurunya. Nelson Mandela mendapatkan gelar sarjana hukum di Universitas Witwatersrand, disana juga dia bertemu para aktivis anti-apartheid.

Perjuangan Mandela
Nelson Mandela menjadi pemimpin AFC (African National Congress), pada awalnya dia mengajak kongres dan para demonstran untuk melakukan cara damai seperti Gandhi. Namun ditengah perjuangannya dia menjadi ragu, apakah cara ini akan berhasil atau tidak. Pada suatu waktu akhirnya dia memutuskan untuk mengebom bangunan, tapi hanya bangunan, dia sudah memastikan bahwa tidak akan ada orang yang terluka. Nelson mandela akhirnya ditangkap dan dipenjara selama 27 tahun dengan tuduhan terorisme. Pemenjaraanya mendapat perhatian internasional, dan pada tahun 1990 dia dibebaskan berkat tekanan dunia internasional. Setelah bebas dia kembali memperjuangkan anti-apartheid. Akhirnya perjuangannya ini mencapai hasil, pada tahun 1994 dia menjadi presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan. Nelson Mandela meninggal pada usia 95 tahun pada tanggal 6 Desember 2013.

Kehidupan Mandela di Penjara
Dia menghabiskan 27 tahun hidupnya di dalam penjara. Dia menolak untuk mengkhianati prinsip-prinsip hidupnya. Dia lebih memilih mati daripada meludahi idealismenya. Nelson Mandela ingin agar hak setiap orang sama, tanpa memandang warna kulit. Pada tahun 1993 setelah bebas dari penjara dia mendapatkan hadiah nobel untuk perdamaian.

Rest in peace, sir. You have served the world well.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s