Finance 101 : Property Investment

Investasi properti adalah properti yang menghasilkan keuntungan untuk pembeli bukan untuk ditinggali. Ada dua cara mendapatkan keuntungan, satu dengan menyewakan rumah dan mendapatkan uang sewa bulanan dan dua menjual rumah kembali dengan harga lebih tinggi, mendapatkan keuntungan dari selisihnya.

Tika membeli sebuah rumah dengan 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi (2br/1ba). Dia menyewakan rumahnya ke sebuah keluarga dengan harga sewa Rp 800 ribu setiap bulannya. Ketika harga rumah itu naik di pasar, Tika bisa menjualnya atau tetap menyewakannya saja.

Menjadi pemilik properti tidaklah semudah itu. Sebagai pemilik properti Tika berkewajiban untuk memelihara rumahnya, mencari penyewa, menagih uang sewa bulanan, dan asuransi resiko.

Harga pasar rumah bisa saja jatuh (beli : 350 juta – Jual : 200 juta) atau banyak rumah yang disewakan disekitar situ, sehingga harga sewa rumah di daerah situ sangat bersaing yang artinya harga sewa turun. Properti seperti investasi lainnya ada Risk and Reward-nya.

Diatas adalah contoh investasi rumah secara langsung ada juga Real Estate Investment Trust (Dana Investasi Lahan Yayasan), Reksa Dana Properti, Real Estate ETF, dan Kelompok Investasi Properti.

Hope it helps and clear!!! See You…..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s