Finance 101 : What is Stock? (Saham)

Saham adalah bukti kepemilikan dari sebagian perusahaan. Sebagai pemegang saham kamu mempunyai hak atas aset dan pendapatan perusahaan.

Misalnya Dimas ingin mendirikan sebuah perusahaan ‘Big Bob Burger’, dia butuh Rp 100 juta untuk memulai bisnisnya, tapi tidak ingin meminjam dari bank. Akhirnya Dimas memutuskan untuk menginvestasikan 10 juta miliknya, dan mencari 9 orang lain untuk menginvestasikan 10 juta milik mereka masing-masing. Sebagai timbal balik Dimas memberi tiap investor sebuah saham yang merepresentasikan 10% kepemilikan perusahaan.

Dan setahun kemudian Big Bob Burger makin berkembang, burgernya laku keras dan nilai total perusahaan bertambah menjadi Rp 200 juta. Ini berarti setiap saham yang dimiliki investor nilainya naik menjadi Rp 20 juta, Rp 200 juta dibagi 10 lembar saham. Itu artinya nilai saham meningkat 2x lipat.

Investor awal Big Bob Burger dapat menjual sahamnya ke investor lain dan keuntungannya 100% untuk dia. Saham diperjual belikan tiap hari di Indonesia Stock Exchange, dan tempat jual beli lainnya.

Hope it helps and clear!!! See You…..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s