Voyager Golden Record : Suara Gamelan Di Luar Tata Surya

image

Voyager Golden Record adalah sebuah rekaman fonograf yang disertakan pada pesawat antariksa tanpa awak voyager 1, yang merupakan objek buatan manusia terjauh dari bumi 18 milyar km dari bumi. Voyager 1 diluncurkan pada tahun 1977, dan masih bekerja sampai saat ini.

Piringan tembaga berlapis emas ini berisikan gambar dan suara pilihan yang dapat menggambarkan keanekaragaman hidup di bumi kita, dengan harapan piringan ini dapat ditemukan kehidupan cerdas dari planet lain.

Isi dari voyager golden record dipilih oleh tim dari NASA yang diketuai Carl Sagan. 115 gambar dipilih dan rekaman suara-suara alam seperti angin, ombak, hujan, dll.

image

Piringan emas ini juga menyertakan 55 ucapan salam dari berbagai negara, salah satunya Indonesia. Bunyinya begini ‘Selamat malam hadirin sekalian selamat berpisah dan sampai bertemu lagi di lain waktu’. KLIK DISINI

Selain itu juga berisi 26 lagu pilihan dari berbagai negara, Indonesia salah satunya. Gamelan Puspawarna (beragam bunga) berdurasi 4:43 menit ini dapat kesempatan dikirim ke luar angkasa. Gamelan ini dibawakan oleh Gamelan Keraton Pura Paku Alaman di bawah pimpinan K.R.T. Wasitodipuro. KLIK DISINI

Gak nyangka kan Indonesia sudah menyebarkan misi budaya sampai keluar angkasa. Kira-kira kalau ada kehidupan cerdas di planet lain mendengarkan gamelan kita reaksinya bagaimana yah?

Semoga Alien Punya Kuping

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s