Book Review : Silence by Shusaku Endo

Setting cerita ada di Jepang abad ke 17, zaman edo. Dimana saat itu praktek agama katolik dilarang keras oleh pemerintah Jepang, Kakure Kirishitan (Kristianitas Tersembunyi). Penganut kristianitas terpaksa mempraktekan agamanya secara sembunyi-sembunyi.

Buku ini menceritakan Bapa Sebastian Rodriguez, seorang misionaris dari Portugal yang ingin menggembalakan para penganut katolik di Jepang, dan ingin mencari tahu kebenaran tentang isu bahwa Bapa Cristobal Ferreira mantan mentornya telah murtad.

Selama di Jepang Bapa Rodriguez melihat penyiksaan para penganut katolik dengan mata kepalanya sendiri, mereka di salibkan di tengah laut, mati kehabisan tenaga, karena menolak menginjak-injak pelat tembaga bergambar Yesus. Mereka mati sebagai martir yang tidak mau mengingkari imannya. Lalu ada seseorang yang kepalanya dipenggal didepan matanya sendiri, mati sebagai martir juga. Tapi kenapa hanya kebisuan yang didapatnya, Tuhan diam tidak membela para martirnya, hanya suara jangkrik yang dia dengar pada saat kematian itu.

Mampukah Bapa Rodigruez mempertahankan imannya dibalik kebisuan ini? Ataukah akan menyerah seperti Cristobal Ferreira. Masih bisakah dia disebut seorang pastor jika tidak mampu menggembalakan umat katolik di Jepang?

Buku ini bergumul di pertentangan antara iman dan realita. Apakah ia harus mati sebagai martir, yang sebelumnya mesti disiksa berhari-hari. Pada akhirnya Bapa Rodriguez diberi pilihat berat, apakah ia mau mati sebagai martir bersama sekelompok katolik Jepang atau menyangkal imannya dan menyelamatkan sekelompok orang katolik itu. Hanya Tuhan dan dia yang tahu alasan pilihannya.

Buku tahun 1966 ini termasuk 1001 buku yang harus kamu baca sebelum mati, dan memang betul. Buku ini memberikan pandangan dari sudut lain tentang iman dan realita. Oh iya buku ini akan difilmkan oleh Marthin Scorsese, akan tayang tahun 2015.

Happy Reading!!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s