3 Hal Yang Bukan Marketing

Kamu pernah bingung apa yang dimaksud marketing? Ya, karena banyak orang/organisasi yang salah menggunakan istilah ini. Ini adalah 3 hal yang bukan marketing :

1. Marketing itu (bukan) Sales
Marketing dan sales dua hal yang berbeda, tapi jika ingin maksimal keduanya harus jalan beriringan. Marketing menggodok pasar baru, sedangkan sales tugasnya meng-closed hot prospect.

2. Marketing itu (bukan) Branding
Marketing itu apa yang kamu lakukan? Sedangkan branding adalah kamu dipandang sebagai apa? Branding yang kuat membutuhkan marketing yang konsisten, marketing yang menepati janjinya.

3. Marketing itu (bukan) Public Relation
Public relation hanya salah satu strategi marketing, marketing lebih complex dari itu. Sedangkan public relation tidak hanya digunakan oleh marketing, ada banyak bagian lain yang membutuhkannya.

Itu 3 hal yang orang sering salah mengerti tentang marketing, sedangkan marketing sendiri menurut American Marketing Association adalah kegiatan, lembaga, dan proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, memberikan, dan saling bertukar penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat pada umumnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s